Hanya satu catatan dari pengamatan saya

Hasil pengamatan seputar kehidupan sehari-hari, jalan-jalan, film, hingga soal sejarah, kereta api dalam dan luar negeri

Tuesday 26 December 2017

Holiday Trains: KA Istimewa dari Kanada

Holiday Trains


Rangkaian Holiday Train. Kredit: http://www.cpr.ca/holiday-train/faqs

Hadirnya kereta api di suatu wilayah tidak hanya memperlancar transportasi, namun lebih dari itu juga membawa perubahan dalam masyarakat. Tidak sedikit tradisi yang dihasilkan dengan hadirnya kereta api. Apabila di Indonesia ada budaya memasang bunga pada peluncuran kereta baru, di Kanada ada tradisi unik menjelang Natal.

Hadirnya Natal memang menjadi nuansa tersendiri yang dinantikan sebagian besar penduduk Kanada. Adalah Holiday Train yang biasa beroperasi pada November-Desember yang menjadi ciri khas datangnya Natal di negara yang memiliki simbol kebanggaan daun maple ini.

Rangkaian KA Holiday Train adalah berupa KA campuran barang dan penumpang yang dioperasikan oleh perusahaan kereta api Canadian Pacific Railway (CPR) antara November-Desember. Dimulai pada 1999, kereta ini merupakan kereta api spesial dengan tujuan yang juga spesial.

Namun, yang paling menonjol dari rangkaian kereta ini adalah rangkaiannya yang diberikan lampu warna-warni sehingga terlihat indah ketika berjalan terutama di malam hari. Bayangkan, suasana malam bersalju ketika satu rangkaian kereta melintas perlahan dengan lampu yang berkelap-kelip.

Bukan sekedar tampil beda dibandingkan KA lainnya yang berjalan (Psst... CPR juga punya beberapa KA spesial lain sih), Holiday Train memiliki misi yang sungguh mulia. KA ini dijalankan untuk merayakan liburan warga Kanada sekaligus menggerakkan kampanye donasi makanan dan berbagai masalah seputar pangan dan kelaparan. Kereta ini juga menjadi ajang publikasi untuk CPR dan beberapa pelanggannya.

Rangkaian Holiday Train terdiri dari satu lokomotif yang menarik beberapa gerbong dan kereta penumpang. Biasanya, dalam satu rangkaian ini ada 14 kereta yang diisi oleh karyawan CPR dan keluarganya serta pihak yang memiliki kedekatan dengan CPR terutama dalam hubungan pekerjaan.

Lokomotif yang digunakan untuk menarik rangkaian Holiday Train adalah loko GP20C seri 2200 buatan 1957 yang dibangun ulang (rebuilt) pada 2013. Loko ini merupakan buatan EMD yang memiliki daya 2000 horse power. Ada dua lokomotif yang dibangun ulang untuk menarik dua rangkaian Holiday Train.

Dalam pengoperasiannya, banyak keunikan yang dibawa rangkaian KA Holiday Trains. Selain lampunya yang unik, KA ini juga membawa satu kereta khusus yang berisi para musisi. Selain itu, KA ini juga membawa bendera dua negara yakni Kanada dan Amerika Serikat karena CPR sendiri memang beroperasi di dua negara tersebut.

Proses operasi Holiday Train pun sebenarnya cukup cepat. Maklum saja, dua rangkaian Holiday Trains harus berhenti di sekitar 171 pemberhentian. Karenanya KA inipun beroperasi siang dan malam untuk mengejar jadwal yang ketat tersebut. Setiap titik pemberhentian tentu memiliki waktu yang berbeda, ada yang siang ataupun malam.
Kerumunan pengunjung memadari penampilan musisi dari Holiday Train. Kredit: Wikipedia

Operasi Holiday Train dimulai dengan KA ini berhenti di titik yang ditentukan, tentunya titik yang aman dari kerumunan orang. Kemudian kereta yang berisi musisi membuka pintunya dan langsung menyanyikan lagu pertama mereka. Setelah itu, ada presentasi singkat oleh petugas dari kota setempat maupun lembaga pangan lokal dan pihak berwenang lainnya. Setelah itu, band para musisi tersebut melanjutkan penampilannya dengan menyanyikan lagu-lagu tradisional maupun modern. Seluruh penampilan ini berlangsung sekitar 30 menit saja sebelum KA melanjutkan perjalanannya.

Untuk tahun ini, Holiday Train yang mengambil rute Alberta/British Columbia memiliki jadwal:Calgary - Lethbridge – Sparwood – Nelson - Radium lalu Provost - Wetaskiwin - Calgary. Sementara rangkaian satunya yang beroperasi di Saskatchewan memiliki jadwal: Bredenbury – Saskatoon – Macklin.

Yang menarik, di Amerika Serikat dan Kanada ada banyak perusahaan KA Swasta. Tak jarang beberapa jalur berpindah kepemilikan. Pada September 2015 CPR menjual jalur Schenectady ke Sudbury ke perusahaan KA Norfolk Southern Railway. Sejak itu, Holiday Train tidak lagi melintas di rute tersebut.

Meski sederhana, apa yang dilakukan CPR ini memiliki dampak yang luar biasa. Sejak dioperasikan pada 1999, KA ini telah berhasil menggalang dana 13 juta dollar dan 2 juta ton makanan di lembaga pangan di Amerika Utara. Baik uang maupun makanan yang berhasil dikumpulkan di suatu lokasi, akan didistribusikan untuk wilayah itu. Bahkan, CPR juga memberikan sumbangan di setiap titik pemberhentian.
Sources:
https://en.wikipedia.org/wiki/Canadian_Pacific_Railway
http://www.cpr.ca/holiday-train/faqs

No comments:

Post a Comment

Mohon bantuan kliknya