Hanya satu catatan dari pengamatan saya

Hasil pengamatan seputar kehidupan sehari-hari, jalan-jalan, film, hingga soal sejarah, kereta api dalam dan luar negeri

Monday 30 July 2018

10 Momen Langka Perkeretaapian Indonesia

Kereta Api Indonesia tidak hanya terus berkembang, namun juga memiliki banyak keunikan. Satu contohnya adalah momen-momen langka dalam operasional kereta api.
 

Berikut ini adalah sepuluh momen yang jarang terjadi di dunia perkeretaapian Indonesia. Dirangkum dari berbagai daerah di pulau Jawa, kereta api Indonesia terus menghadirkan sajian yang menarik.
Yang pertama adalah kereta api dengan dua lokomotif. Momen yang sering disebut traksi ganda ini terjadi ketika ada pengiriman lokomotif, uji coba lokomotif, hingga beberapa kondisi tertentu yang mengharuskan adanya dua lokomotif.

Momen kedua adalah kereta api dengan tiga lokomotif. Momen seperti ini biasanya terjadi di pulau Sumatra dimana KA batubara ditarik tiga lokomotif sekaligus. Namun di Jawa, momen seperti ini sangat langka karena kondisi lintas jalan rel yang kurang memungkinkan. 

Nah, momen kali ini tersaji ketika ada ujicoba lokomotif baru. Tiga unit lokomotif terbaru PT KAI yakni Loko CC206 diuji di daerah wates hingga Purworejo.

Momen lain yang melibatkan lokomotif adalah api yang menyembur dari lokomotif. Ketika era loko uap, hal ini mungkin lumrah terjadi. Namun pada masa loko diesel, hal ini cukup jarang terjadi. Momen yang sering disebut "kobong" atau "ngebul" ini dianggap langka karena hanya lokomotif tertentu yang bisa mengalaminya, misalnya loko CC201 atau CC203.

Momen berikutnya melibatkan kereta wisata atau kawis di rangkaian KA Reguler. Momen ini cukup langka karena Kawis hanya dioperasikan ketika ada pihak yang menyewanya dan dirangkai dengan KA Reguler.
Videonya:


Tak mau ketinggalan, momen berikutnya adalah satu rangkaian KA yang full berupa armada Kawis. Hal ini dimungkinkan ketika ada pihak yang menyewa beberapa kawis sekaligus untuk dirangkai menjadi rangkaian Kereta Luar Biasa atau KLB. Dalam video ini adalah KLB PT pertamina yang berangkat dari jakarta menuju Yogyakarta.

Kereta berpapasan tentu sudah biasa, terutama di jalur rel ganda. Namun, bagaimana bila papasan terjadi di tikungan, dan dialami oleh dua KA dengan kondisi istimewa? Ya, momen ini terhitung langka karena KA yang berpapasan membawa kereta wisata. Bukan hanya satu, namun dua kereta wisata! Unik, bukan?

Ketika ada kerusakan kereta api yang sedang beroperasi di lintas, tentu diperlukan lokomotif penolong. Nah, momen langka berikut terjadi ketika ada lokomotif yang menolong KA yang mogok. Pada momen ini, KA Prameks yang sedang mogok ditarik oleh lokomotif untuk menjalani perbaikan.

Momen langka lainnya melibatkan kereta yang cukup istimewa yakni Kereta Api Inspeksi atau KAIS. Misalnya saja, adalah KAIS Merbabu... Ciremai... hingga Railone atau Wijayakusuma.

Tak hanya KAIS, momen langka lain juga melibatkan kereta istimewa, yakni RAILCLINIC. Kereta api kesehatan ini memang hanya berjalan ketika ada keperluan yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan.

Momen terakhir dalam rangkaian video ini yang sangat langka adalah KA di jalan raya. Bagaimana mungkin? Hal ini terjadi di jalan Slamet Riyadi di Solo yang memiliki jalur rel. Di sini, biasanya hanya armada Railbus yang beroperasi. Namun, kali ini ada lokomotif...ya, lokomotif CC201 yang menarik 13 gerbong berisi batu balas.(*)

No comments:

Post a Comment

Mohon bantuan kliknya