Hanya satu catatan dari pengamatan saya

Hasil pengamatan seputar kehidupan sehari-hari, jalan-jalan, film, hingga soal sejarah, kereta api dalam dan luar negeri

Sunday 22 November 2015

Tusukan Kecepatan Inovasi ASUS melalui Zenfone 2 Laser



Zenfone 2 Laser, Smartphone Berkamera Hebat dengan Laser Auto Focus 



Ketika masih sekolah, ada satu pepatah yang sering diajarkan ke saya yakni “biar lambat asal selamat.” Filosofi itu boleh jadi cocok untuk beberapa kondisi, namun tidak semuanya. Satu contohnya kompetisi di dunia industri gadget alias gawai yang melesat cepat saat ini.
 
Seorang model menunjukkan Zenfone 2 Laser dalam perhelatan ZenFestival 2015 di Jakarta, Kamis (19/11/2015). Foto oleh Agung Ismiyanto untuk sangpengamat.blogspot.com

Dalam kompetisi industri ponsel pintar alias smartphone memang diperlukan inovasi yang cerdas namun cepat, juga nyaman tidak hanya ketika dipakai namun juga di kantong. Semuanya itu rupanya menjadi semangat ASUS ketika meluncurkan lini produk terbarunya dalam Zenfone 2 Laser. Sebelum mengulas lebih dalam mengenai produk unik ini, ada baiknya kita sedikit melakukan kilas balik.

Pada akhir 2014, pecinta gawai dikejutkan dengan kabar bahwa ASUS sedang menyiapkan gawai andalannya berupa ponsel pintar yang dibekali Random Access Memory (RAM) sebesar 4 Gb. Kapasitas sebesar itu digadang-gadang memberikan kemampuan tanpa lag ketika asyik memakai gawai, baik itu menjelajah dunia maya ataupun memainkan game kelas berat. Tentu saja ini menjadi perbincangan tersendiri



Pada awal 2015, kabar itu ternyata terbukti benar. ASUS menyiapkan generasi kedua Zenfone dengan dukungan kemampuan mumpuni. Setelah mengawali partisipasinya di industri gawai melalui Zenfone 4, 5, dan 6 yang meraih sukses besar dengan penjualan mencapai 1,6 juta unit, ASUS tak berpuas diri. Perusahaan teknologi asal Taiwan ini kemudian meluncurkan generasi kedua Zenfone.

Berbeda dengan pendahulunya yang memakai ukuran layar sebagai identitas varian, Zenfone generasi kedua memakai nama generasi sebagai identitas. Jadilah generasi kedua Zenfone tersebut diberi nama Zenfone 2. Dan, kemampuan mumpuni yang dijanjikan ASUS benar-benar dibuktikan. Bahkan, ASUS tidak hanya memberikan RAM sebesar 4 Gb, namun juga kemampuan kamera yang mumpuni berupa kerjasama cantik  Pixelmaster Camera 2.0 sebesar 13 Megapixel (MP) di belakang dan 5 MP di depan. 


Model (teman saya sendiri) menunjukkan ASUS Zenfone 2 ZE551ML. Sebagai ponsel andalan ASUS yang juga generasi kedua dari Zenfone, ponsel pintar ini bisa menjadi andalan baik untuk bekerja maupun melakukan hobi. Foto: sangpengamat.blogspot.com
Dari segi desain, ASUS juga melakukan perubahan yang mendasar. Di ZenFone 2, ASUS benar-benar menguatkan filosofi Zen pada produknya. Dalam pengembangan produknya, ASUS memang dijiwai Zen Spirit yang menggambarkan keseimbangan antara keindahan dan kekuatan.

Pada ZenFone 2, ASUS meneruskan penerapan concentric circle design khas Zenfone dan Zenbook pada bawah perangkat. Letak port micro USB untuk pengisian daya dan transfer data juga sama dengan pendahulunya itu. Yang unik pada Zenfone 2 adalah tombol volume, yang letaknya berpindah ke belakang bodi perangkat. Penempatan ini mempermudah penggunaan ponsel pintar dengan satu tangan. Hal ini sangat terasa ketika digunakan mengatur volume ataupun memotret, terutama foto selfie, sebab tombol ini juga berfungsi sebagai tombol shutter.


Desain khas lainnya, pada bagian belakang perangkat, pengguna bisa melihat adanya dua LED flash di bagian atas kamera. Selain itu, tombol volume juga dilengkapi dengan desain concentric circle khas ASUS. Inilah yang menjadi satu ciri kenampakan perangkat ASUS Zenfone 2.

Hasilnya, Zenfone 2 langsung menggebrak dunia gawai. Hasil manis pun dinikmati ASUS yang pada awalnya merupakan pabrikan perangkat komputer ini.  Dari pemula di industri gawai, ASUS melesat menjadi nomer dua di Indonesia. 

Meski sukses, lagi-lagi ASUS tak berpuas diri. Zenfone 2 sebagai flagship alias produk andalan terus mendapat sentuhan inovasi. Dukungan kuat dari 5.200 orang insinyur di tim R&D (riset dan pengembangan) yang berkelas dunia membuat ASUS tancap gas mengembangkan lebih lanjut Zenfone 2.

Ketika Zenfone 2 pertama dikenalkan pada awal 2015 yakni di April, serangkaian perangkat lanjutan Zenfone 2 kembali diperkenalkan pada akhir tahun. Pada perhelatan ZenFestival yang diadakan di Jakarta, 19 November 2015, ASUS memberondong pasar dengan rangkaian produk generasi terbaru Zenfone 2. Tidak tanggung-tanggung, ASUS meluncurkan empat produk sekaligus yakni Asus Zenfone 2 Laser, Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition, Asus Zenfone Max, Asus Zenfone 2 Selfie.

Dari kenampakan desain, jelas terlihat keempat produk dikembangkan dengan dasar Zenfone 2 varian awal yakni ZE550ML dan ZE551ML. Zenfone 2 Laser memiliki keunggulan pada kamera, kemudian perangkat berkualitas premium dihadirkan Zenfone 2 Deluxe Edition. Selanjutnya, Zenfone 2 Selfie dikhususkan untuk mereka yang senang ber-selfie ria dan Zenfone 2 Max ditujukan untuk mereka yang menginginkan gawai dengan daya tahan baterai kelas wahid.

Khusus untuk Zenfone 2 Laser, produk ini langsung mendapat perhatian khusus dari saya. Sebab, setelah merasakan kehandalan kamera Zenfone 2 generasi awal, tepatnya seri ZE551ML, saya penasaran dengan Zenfone Laser yang diklaim memiliki kecepatan auto focus yang mengagumkan.
ASUS Zenfone 2 Laser. Dok. ASUS


Selama memakai Zenfone 2, perangkat ini mendukung aktivitas terutama hobi saya berburu foto dan video kereta api. Ditemani tripod dan lensa tele tambahan untuk ponsel pintar, banyak momen menarik yang saya tangkap. Misalnya saja foto kereta, dan video ini. 


 
Karya video yang dibuat menggunakan ASUS Zenfone 2 ZE551ML.

Meski cukup puas dengan hasilnya, saya terkadang masih agak kesulitan ketika mengatur fokus. Padahal, kereta api yang melaju sulit diabadikan tanpa kecepatan mendapatkan focus yang mumpuni. Karena itu, jelas rasa penasaran menguasai ketika tahu Zenfone 2 Laser memiliki keunggulan dalam hal kecepatan fokus ini. Apalagi, dari segi harga, Zenfone 2 Laser memiliki daya tarik lebih untuk mereka yang berkantong terbatas.

Pada acara ZenFestival 2015, ASUS merilis tiga varian Zenfone 2 Laser ke pasaran Indonesia yakni berukuran 5 inci, 5,5 inci dan 6 inci. Seluruh ponsel pintar 4G LTE yang dipasarkan di harga terjangkau ini dilengkapi teknologi mutakhir dalam fotografi ponsel, yakni Laser Auto Focus.


Country Product Group Leader ASUS Indonesia, Juliana Cen mengatakan,  pengguna dengan anggaran terbatas, yang menginginkan ponsel pintar berdesain premium seperti yang ditawarkan Zenfone 2 kini memiliki pilihan baru dalam wujud Zenfone 2 Laser. “Dengan harga yang lebih terjangkau, model ini bahkan menyediakan fitur Laser Auto Focus, keseimbangan yang lebih baik antara performa multimedia dan efisiensi energi,” kata Juliana dalam keterangannya, Jumat (19/11).


Keterjangkauan harga ini dibuktikan ASUS dengan rentang harga berbeda untuk tiga produk barunya ini. Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL yang berukuran layar 5 inci tersedia di harga Rp 2,099 juta. Varian ini mengusung 2Gb RAM/16Gb Storage+5Gb ASUS Webstorage. Berikutnya, Zenfone 2 Laser 5.5 ZE550KL tersedia di harga Rp2,399 juta yang didukung layar 5,5 inci, dan 2Gb RAM/16Gb Storage+5Gb ASUS Webstorage. Sedangkan varian tertinggi Zenfone 2 Laser adalah Zenfone 2 Laser ZE601KL yang tersedia di harga Rp3,499 juta. Berbeda dengan dua varian sebelumnya yang ditenagai Qualcomm Snapdragon 410 quad core 64-bit 1,2GHz , varian tertinggi ini ditenagai Qualcomm Snapdragon 615octa core 64-bit up to 1,7GHz dan didukung 3GB RAM/32Gb Storage+5Gb ASUS Webstorage gratis.

 
Model menunjukkan varian tertinggi Zenfone 2 Laser yakni Zenfone 2 Laser ZE601KL yang memiliki layar 6 inci. Foto oleh Agung Ismiyanto untuk sangpengamat.blogspot.com

Ponsel pintar saat ini telah menjadi lebih dari sekedar alat komunikasi namun juga sebagai perangkat multimedia. “Pada Zenfone 2 Laser, ASUS menawarkan keseimbangan yang sempurna antara kinerja multimedia yang baik dengan efisiensi penggunaan baterai,” imbuh Juliana.


Sama seperti pendahulunya yakni Zenfone 2, Zenfone 2 Laser dibekali sistem operasi Android Lollipop, hanya saja Zenfone 2 Laser mendapatkan pembaruan sehingga mengusung Android 5.0.2 Lollipop. Yang membedakan dengan Zenfone 2 generasi awal adalah pemakaian prosesor dimana Zenfone 2 Laser ditenagai dan diperkuat prosesor quad-core hingga octa-core dari Qualcomm. “Seperti diketahui, lini prosesor QualcommSnapdragon menawarkan kinerja yang sangat memadai sekaligus efisiensi energi yang hebat,” lanjut Juliana Cen.


Dari sisi desain bodi, Zenfone 2 Laser tak banyak memiliki perbedaan dengan ponsel pintar andalan ASUS yakni Zenfone 2 generasi awal. Perbedaan yang cukup kentara mungkin hanya ada pada keberadaan flash dan pemfokus laser yang ada pada sisi kanan dan kiri kamera belakang.

 
Desain kamera, tombol volume, flash dan pemfokus laser pada ASUS Zenfone 2 Laser seri ZE550KL / ZE551KL_Gold_(32). Dok ASUS

Uniknya, meski dibandrol dengan harga yang lebih terjangkau, namun Zenfone 2 Laser dibekali dengan Gorilla Glass 4 yang merupakan lapisan antigores terbaru saat ini. Produk yang antigores produksi Corning ini menawarkan daya tahan tahan 2 kali lebih baik saat terjatuh, mereduksi kemungkinan layar untuk pecah hingga 85 persen dan 2,5 kali lebih kuat dibandingkan dengan lapisan Gorilla Glass 3.


Fokus perhatian saya sebagai pecinta fotografi ponsel pun tentu tak bisa jauh dari kamera. ASUS Zenfone 2 Laser menggunakan kamera utama dengan resolusi 13MP dengan lensa f/2.0 aperture yang mampu mengambil foto dengan resolusi 4128 x 3096pixel. Dengan dukungan zero shutter lag, pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan momen berharga yang umumnya berlangsung sangat cepat. Yang menarik, kamera tersebut diperkuat fitur Laser Auto Focus.


ASUS merilis, teknologi fokus dengan laser ini dapat mempercepat pencarian fokus terhadap obyek foto, baik jarak dekat ataupun jarak jauh, hingga 0,03 detik. Hasilnya, pengguna akan dapat mengambil foto yang lebih fokus dengan cepat dibandingkan sistem fokus biasa. Fitur fokus laser ini juga sangat membantu mendapatkan fokus dengan cepat dan tepat, misalnya saat memotret dalam kondisi kurang cahaya.


Menurut saya, kecepatan autofokus ini sangat vital ketika memburu momen penting. Sebagai contoh, ini hasil berburu foto kereta api karya saya ketika pertama kali memegang ZE551ML. 
 
"Ular ketemu Ular." Momen ketika KA Progo jurusan Yogyakarta-Jakarta berpapasan dengan KA Lodaya jurusan Bandung-Solo di bukit Kalimenur, Sukoreno, Sentolo, Kulonprogo. Foto diambil dengan ASUS Zenfone 2 ZE551ML ditambah lensa tele. Foto: Sangpengamat.blogspot.com
Foto ini mendapat apresiasi positif tidak hanya ketika saya posting di media sosial saya, namun juga di grup fotografi ponsel yakni KoFiPon (Komunitas Fotografi Ponsel) di Facebook. Selain itu, sebagai anggota grup Indonesian Railway Youtubers saya juga mengandalkan Zenfone 2 saya untuk menemani berburu video kereta api. Ini beberapa video yang telah saya upload dan mendapat apresiasi dari komunitas.

 Video dibuat dengan kerjasama ASUS Zenfone 2 ZE551ML untuk kamera 1 dan Canon G12 untuk kamera 2.






Kalau menggunakan Zenfone 2 saja hasilnya sudah bikin geleng-geleng (karena takjub), terlebih ketika saya berkesempatan menggunakan Zenfone 2 Laser (amiiin!) nantinya. Ditambah fasilitas lensa, tentunya hasilnya akan lebih maksimal.

Seperti Zenfone 2, dukungan teknologi khas ASUS PixelMaster Camera membuat Zenfone 2 Laser ini mampu menangkap gambar dan video hingga 400 persen lebih terang saat dalam kondisi pencahayaan minimal. Hal ini tentunya sangat membantu untuk berburu video dengan hasil yang tak kalah dibandingkan dengan kamera saku ataupun kamera semi profesional.


Jika dibutuhkan, tersedia pula dual-LED (dual tone) flash yang dapat membuat hasil foto terekam dengan warna yang lebih natural. Selain mengambil foto, ASUS juga merilis bahwa kamera yang digunakan mampu merekam video dengan resolusi FullHD dengan kecepatan 30 frame per detik.



Fitur kamera lainnya adalah kamera depan yang juga memiliki resolusi yang cukup tinggi yakni 5MP serta dengan aperture f/2.0. Lebih dari sekedar resolusi yang tinggi, kamera ini juga mendukung autofocus untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik. Bahkan bagi pengguna yang senang selfie, kamera depan juga menyediakan sudut yang lebih luas, yakni hingga 85o. Artinya, akan lebih banyak obyek yang bisa ditangkap dalam foto.



Keseriusan ASUS mengembangkan lini andalannya yakni Zenfone 2 terus dibuktikan dengan berbagai produk yang menopang kebutuhan penggunanya. Kalau membutuhkan kemampuan kamera yang mumpuni seperti saya yang berburu foto dan video kereta api, tentu Zenfone 2 Laser sangat pas.

 
Perpaduan ASUS Zenfone2 ZE551ML dengan tele dan tripod untuk berburu foto dan video kereta api di stasiun Ceper, Klaten. Alat ini selalu menemani saya untuk menghasilkan video kereta api yang menarik di banyak kesempatan. Foto oleh sangpengamat.blogspot.com

Kalau dulu ada petinju legendaris Muhammad Ali yang terkenal dengan kata-katanya, “I'll be floating like a butterfly and stinging like a bee” yang bermakna melayang bagai kupu-kupu dan menyengat bagaikan lebah, kini ASUS menusuk dan memberi kejutan segmen fotografi ponsel melalui Zenfone 2 Laser. Dengan cepat Zenfone 2 Laser akan mendapatkan posisinya di kalangan pecinta fotografi dan videografi ponsel. Kecepatan bidikan autofocus laser meluncur cepat mencari momen jepretan terbaik, bahkan dalam tempo kurang dari 1 detik. Demikian pula dengan strategi pasarnya, memberi kemudahan dalam jangkauan. (*)

Spesifikasi lengkap ASUS Zenfone 2 Laser:


Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL tersedia di harga Rp2,099 juta.
Model
ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL
CPU
Qualcomm Snapdragon 410 quad core 64-bit 1,2GHz
GPU
Adreno 306 400MHz
RAM
2GB RAM
Storage
16GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD
Yes (up to 128 GB)
Connectivity
WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, Wifi Direct, Super FastWi-FI Hotspot Capability (Tethering), MicroUSB (USB OTG), 35 mm earjack
Network
Dual Antenna untuksinyallebihbaik
4G LTE Cat4 Download speed hingga 150Mbps
LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 7 (2600), 8 (900), dan 20 (800) MHz
SIM Card
Dual Micro-SIM Support
Navigation
GPS, BDS, GLONASS
Display
5 inci super bright IPS HD 720x1280 with 178’ wide view angle, 294 ppi, ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology
Super Scratch Corning Gorilla Glass 4
Ultra sensitive touch panel with glove touch support, ASUS ZenMotion support Touch and Motion gesture (termasuk tap-tap untukmembukadanmenguncilayar)
Video
Video Recording MPEG-4 1080 @30fps
Playback MPEG-4 up to 1080p
Battery
Lithium-Polimer 2070 mAh
Main Camera
13 Megapixel laser autofocus denganwaktufokuskurangdari 0.03detik. Diafragmabesar f/2.0 5 element Largan Lens, dual tone flash, PixelMaster Camera untukfotodan video lebihteranghingga 400%
Front Camera
5 Megapixel Autofokusdengandiafragmabesar f/2.0, selfie panorama up to 140’
Sensor
Accelerometer/Ambient Light/Proximity/E-Compass/Hall Sensor
Audio
Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMasteruntuksuaralebihjernihdan bass lebihdalamdengan5 magnet sound chamber
OS
Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 denganlebihdari 1000+ peningkatanfitur (What’s next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
Apps
Google App, ASUS Sync, Mycloud, File Manager, Mylibrary, Supernote
BBM &Whatsapp Ready
Dimension
143,7x71,5x(10,5~3,5) mm
Weight
145g
Warna
Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver
Price
Rp2.099.000
 



Zenfone 2 Laser 5.5 ZE550KL tersedia di harga Rp2,399 juta.
Model
ASUS Zenfone 2 Laser 5.5 ZE550KL
CPU
Qualcomm Snapdragon 410 quad core 64-bit 1,2GHz
GPU
Adreno 306 400MHz
RAM
2GB RAM
Storage
16GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD
Yes (up to 128 GB)
Connectivity
WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, Wifi Direct, Super FastWi-FI Hotspot Capability (Tethering), MicroUSB (USB OTG), 35 mm earjack
Network
Dual Antenna untuksinyallebihbaik

4G LTE Cat4 Download speed hingga 150Mbps

LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 7 (2600), 8 (900), dan 20 (800) MHz
SIM Card
Dual Micro-SIM Support
Navigation
GPS, BDS, GLONASS
Display
5,5inci super bright IPS HD 720x1280 with 178’ wide view angle, 267ppi, ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology

Super Scratch Corning Gorilla Glass 4
Ultra sensitive touch panel with glove touch support, ASUS ZenMotion support Touch and Motion gesture (termasuk tap-tap untukmembukadanmenguncilayar)
Video
Video Recording MPEG-4 1080 @30fps
Playback MPEG-4 up to 1080p
Battery
Lithium-Polimer3000 mAh
Main Camera
13 Megapixel laser autofocus denganwaktufokuskurangdari0.03detik. Diafragmabesar f/2.0 5 element Largan Lens, dual tone flash, PixelMaster Camera untukfotodan video lebihteranghingga 400%
Front Camera
5 Megapixel Autofokusdengandiafragmabesar f/2.0, selfie panorama up to 140’
Sensor
Accelerometer/Ambient Light/Proximity/E-Compass/Hall Sensor
Audio
Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMasteruntuksuaralebihjernihdan bass lebihdalamdengan5 magnet sound chamber
OS
Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 denganlebihdari 1000+ peningkatanfitur (What’s next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
Apps
Google App, ASUS Sync, Mycloud, File Manager, Mylibrary, Supernote
BBM &Whatsapp Ready
Dimension
152.5 x 77.2 x 10.8 mm
Weight
170g
Warna
Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver
Price
Rp2.399.000
 

Zenfone 2 Laser ZE601KL tersedia di harga Rp3,499 juta.
Model
ASUS Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL
CPU
Qualcomm Snapdragon 615octa core 64-bit up to 1,7GHz
GPU
Qualcomm Adreno 405 GPU550 MHz
RAM
3GB RAM
Storage
32GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD
Yes (up to 128 GB)
Connectivity
WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, Wifi Direct, Super FastWi-FI Hotspot Capability (Tethering), MicroUSB (USB OTG), 35 mm earjack
Network
Dual Antenna untuksinyallebihbaik
4G LTE Cat4 Download speed hingga 150Mbps
LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 7 (2600), 8 (900), dan 20 (800) MHz
SIM Card
Dual Micro-SIM Support
Navigation
GPS, BDS, GLONASS
Display
5 inci super bright IPS HD 720x1280 with 178’ wide view angle, 294 ppi, ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology
Super Scratch Corning Gorilla Glass 4
Ultra sensitive touch panel with glove touch support, ASUS ZenMotion support Touch and Motion gesture (termasuk tap-tap untukmembukadanmenguncilayar)
Video
Video Recording MPEG-4 1080 @30fps
Playback MPEG-4 up to 1080p
Battery
Lithium-Polimer3000mAh
Main Camera
13 Megapixel laser autofocus denganwaktufokuskurangdari0.03 detik. Diafragmabesar f/2.0 5 element Largan Lens, dual tone flash, PixelMaster Camera untukfotodan video lebihteranghingga 400%
Front Camera
5 Megapixel Autofokusdengandiafragmabesar f/2.0, selfie panorama up to 140’
Sensor
Accelerometer/Ambient Light/Proximity/E-Compass/Hall Sensor
Audio
Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMasteruntuksuaralebihjernihdan bass lebihdalamdengan5 magnet sound chamber
OS
Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 denganlebihdari 1000+ peningkatanfitur (What’s next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
Apps
Google App, ASUS Sync, Mycloud, File Manager, Mylibrary, Supernote
BBM &Whatsapp Ready
Dimension
164,55 x 84 x 3,5~10,55mm
Weight
190g
Warna
Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver
Price
Rp3.499.000
  Sumber: ASUS

No comments:

Post a Comment

Mohon bantuan kliknya